Cara Mematikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis Di Android

Di zaman digitalisasi membuat manusia pastinya memerlukan Android sebagai alat untuk berkomunikasi. Jika dahulu menggunakan surat yang diantar tukang pos, setidaknya untuk saat ini Anda tidak perlu repot lagi karena cukup mengunduh aplikasi berbasis pesan, maka Anda dapat berkomunikasi bahkan bertukar video atau foto dari jarak jauh.

Seiring dengan perkembangan zaman tersebut, pastinya di dalam Android Anda menyimpan banyak Aplikasi yang menunjang untuk kegiatan belajar, bekerja atau bahkan sekadar bermain permainan. Untuk itu terkadang Android menjadi sering loading lama atau bisa menghabiskan RAM dan mempercepat habisnya baterai.

Lalu, bagaimana cara mematikan aplikasi yang berjalan otomatis di Android? Agar kondisi Android tetap sehat dan nyaman saat digunakan. Oleh karena itu, penjelasan berikut ini akan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Cara Mematikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis Di Android

Membatasi Jumlah Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Android

Dilansir dari https://simpangjalan.com, Untuk cara yang pertama ini Anda tidak perlu risau karena pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu klik Opsi atau Pilihan Pengembangan Android, kemudian pilih Batasi Proses Latar Belakang dan Pilih Jumlah Proses Maksimal Aplikasi yang Diizinkan di bagian latar belakang. Selanjutnya bila Anda ingin tidak ada aplikasi yang berjalan, maka Anda perlu memilih tanpa proses latar belakang yang ada di Android.

Pakai Aplikasi Tambahan

Anda cukup mengunduh sebuah aplikasi bernama Advanced Task Manager dan Pemberhenti Aplikasi pada Play Store yang ada di Android. Untuk cara mematikan aplikasi tersebut ialah dengan awalan buka terlebih dahulu Task Manager dan Pemberhenti Aplikasi, selanjutnya Anda cukup menceklis atau mencentang aplikasi yang hendak diberhentikan , lalu klik Boost atau Anda bisa membuka aplikasi Pemberhenti Aplikasi kemudian di centang yang ingin diberhentikan dan terakhir tekan Memberhentikan Aplikasi. Tidak terlalu sulit sebenarnya bila dilakukan dengan runtut.

Memakai Manager Aplikasi

Ini adalah hal umum yang sering dilakukan oleh banyak Pengguna Android  yang ada di penjuru dunia. Untuk caranya tidak terlalu rumit, bahkan sangat mudah.

Anda hanya perlu masuk ke bagian Settings Android atau Pengaturan Android, lalu dicari yang tulisannya Manajer atau Manajemen Aplikasi dan Pilih Aplikasi yang Sedang Berjalan atau Aplikasi Aktif, kemudian klik aplikasi yang hendak dinonaktifkan dan terkahir adalah klik bagian paksa berhenti.

Di antara ketiga cara di atas ada cara tambahan apabila Anda belum mengerti atau merasa cara-cara di atas tidak cocok untuk Android Anda. Untuk itu, cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan pada Android Anda bisa ditiru.

Anda hanya perlu masuk ke bagian Setelan atau Settings, kemudian cari atau scrool down dan pilih Tentang Ponsel atau About Phone , selanjutnya Anda klik 4 kali dibagian Versi Kernel atau Kernel Version  dan yang terakhir pilih Opsi Pengembang.

Jika cara di atas tidak bisa juga, Anda harus melihat buku panduan pengguna pada Android yang digunakan. Setelah Anda melakukan langka di atas, maka buka Opsi Pengembang dan cari fitur yang berisi Batasi Proses Latar Belakang yang biasanya berada di bawah.

Kemudian klis Batasi Proses Latar Belakang dan pilih aplikasi yang hendak Anda hentikan. Itu adalah langkah terakhir dan sudah sesuai dengan pilihan Anda. Jadi, cara mematikan aplikasi yang berjalan otomatis pada Android bisa teratasi dengan baik. Semoga menambah wawasan dan Android Anda jauh dari penyakit-penyakit yang meresahkan ketika saat digunakan.